Halaman

Kamis, 30 Agustus 2012

SEL TUMBUHAN


Sel Tumbuhan
            Sel tumbuhan termasuk sel eukariotik. Sel eukariotik adalah sel yang memiliki membran inti.Secara umum, sel tumbuhan memiliki struktur yang sama dengan sel hewan. Tetapi ada beberapa struktur yang secara khusus dimiliki tumbuhan. Beberapa struktur khusus itu antara lain adalah:
Plasmodesmata (tunggal: plasmodesma). Merupakan pori-pori penghubung yang terletak pada dinding sel. Dengan adanya plasmodesmata, sel tumbuhan dapat berkomunikasi dengan sel lainnya. Selain berperan dalam komunikasi antar sel tumbuhan, plasmodesmata juga berperan dalam transpor protein dan RNA duta dari sel ke sel lain.
Plastida. Plastida terbagi atas 3 bagian yaitu : Leukoplas (yang tidak mengandung pigmen warna), Kloroplas (mengandung pigmen hijau/ klorofil), Kromoplas (mengandung pigmen karoten/ jingga)
Dinding sel. Bila kita amati melalui mikroskop, sel tumbuhan akan tampak tersusun rapi, dan memiliki bentuk tetap. Berbeda dengan sel hewan, yang bentuknya tidak tetap. Hal ini dikarenakan sel tumbuhan memiliki dinding sel. Dinding sel tumbuhan tersusun dari selulosa, protein, dan terkadang lignin (zat kayu).
Vakuola yang besar. Vakuola pada sel tumbuhan besar. Sementara vakuola pada sel hewan cenderung kecil, bahkan tidak ada. Vakuola ini diselimuti oleh membran tonoplas. Vakuola ini berperan untuk menjaga turgor, dan menyimpan cadangan makanan.

Berikut ini adalah gambar struktur sel tumbuhan dan bagian-bagiannya :
Struktur sel tumbuhan dan bagian-bagiannya







Tidak ada komentar:

Posting Komentar